Pages

Tuesday, 10 June 2014

Jalanan dari Panel Surya



Saya melihat ide ini cukup populer belakangan ini, termasuk banyak diperbincangkan sebagai salah satu kreativitas yang bisa menyelematkan masa depan planet ini.

Saya membayangkan jalan-jalan (baik jalan raya, protokol, arteri, hingga jalan setapak bagi pejalan kaki dan pesepeda) terbuat dari panel surya. Jalan adalah satu-satunya area yang tidak tertutup pada siang hari (kecuali masuk ke dalam terowongan).

Jalan-jalan itu akan jadi pemasok energi bagi dirinya, dan bagi lingkungan. Eh, apa untungnya jalan memasok energi bagi dirinya? Ya, jalanan bisa dibuat bersinar dengan lampu LED yang awet, dan menjadi marka jalan. Terutama pada malam hari, kan malah meningkatkan keamanan berlalu lintas. Lalu pada sekitarnya bermakna bisa menjadi energi bagi penerangan jalan atau rumah-rumah di pinggir jalan. Atau menjadi sebuah stasiun pengisian bahan bakar listrik bagi kendaraan berbahan bakar listrik yang ramah lingkungan.

Ada banyak hal yang bisa terwujud dari ide sederhana ini, dan ternyata sudah mulai diujicobakan. Saya tidak tahu apakah saya akan cukup berumur panjang untuk melihat teknologi dapat diterapkan bagi masa depan kita. Karena terus terang, ide ini sangat mengusik untuk segera terlihat wujud praktisnya.

No comments:

Post a Comment